Pengurus Bersama Ketum Hebitren Indonesia, Kepala KPwBI Riau, Kepala OJK, Deputi Kepala KPwBI Riau di Gedung Daerah Balai Serindit Pemprov. Riau

Kamis, 3 Desember 2020

Secara Nasional Pengurus HEBITREN ( Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren Indonesia ) Korwil Riau adalah urutan ke-3 yang dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum HEBITREN Indonesia KH. Moh. Hasib Wahab Hasbullah. Pelaksanaan Pelantikan dan Pengukuhan ini dilaksanakan pada hari kamis, 3 Desember 2020 di 2 lokasi, yaitu Pertama di Gedung Daerah Balai Serindit Pemerintah Provinsi Riau dan di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Kegiatan tersebut sempena dengan kegiatan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2020 ( KPwBI Riau ) yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Kepala KPwBI Riau, Decymus, Kepala OJK, Perwakilan Unsur Forkopimda Riau serta kepala OPD lainnya.

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Hebitren Periode 2020-2024 di Gedung Daerah Balai Serindit Pemprov. Riau secara langsung

Pengurus harian di periode 2020-2024 ini terdiri dari 13 orang dari 11 Pesantren yang telah bergabung lebih awal sejak diadakan deklarasi jakarta pada tanggal 11 november 2019 lalu di jakarta. Kyai W. Zainal Abidin selaku pemegang mandat pembentukan Hebitren Korwil Riau telah menyampaikan kepada 75 Pengurus Pondok Pesantren se-Riau pada kegiatan MoU BPES FKPP Riau dengan PT. Pos Indonesia Sumbagut di Pekanbaru pada tanggal 19 Desember 2019 tentang perlunya sinergi antar Pondok Pesantren dalam Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah menuju Kemandirian Ekonomi Kepesantrenan dan Kerakyatan.

Alhamdulillah, 11 Pesantren tersebut, diantaranya adalah PP. Al-Amin Dumai, PP. Yazid Rokan Hulu, PP. Ibnu Sina Siak, PP. Darul Qur’an Darussalam, PP. Darul Arofah Rohil, PP. Darul Huda Pelalawan, PP. At Thohiriyah Rohil, PP. Nurul Hidayah Bengkalis dan PP. Darussalam Saran Kabun Rokan Hulu. Syarat utama Pondok Pesantren yang tergabung adalah Pondok Pesantren yang menyatakan siap dan memiliki satu visi, misi dan tujuan serta dalam satu wadah HEBITREN Indonesia.

Bentuk awal kesiapan bagi Pondok Pesantren yang akan bergabung adalah melalui rapat bersama seluruh stakeholder pemegang kebijakan Pondok Pesantren yang bersangkutan boleh unsur Pimpinan dan Bu Nyai, unsur Pimpinan, Yayasan dan Koperasi, unsur Pimpinan dan Yayasan saja, sesuai dengan tipe dimasing-masing Pondok Pesantren, semua pemegang kebijakan rapat bersama dengan pemegang mandat pembentukan Hebitren Korwil Riau di Pusat Pelatihan Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren ( PPPKE-PP ) Kopontren Al-Amin Dumai yang tertuang dalam daftar hadir rapat. 

“Hingga tanggal 3 Desember 2020 telah tercatat ada 30 Pondok Pesantren yang sudah tergabung dalam HEBITREN Riau yang tersebar di 12 Kabupaten/Kota se-Riau” tutur Kyai Zainal yang juga sebagai Pimpinan PP. Al-Amin Dumai ini.

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Hebitren Riau Periode 2020-2024 di Hotel Pangeran Pekanbaru secara virtual

“Dengan Bismillaahirrohmaanirrohiim Seluruh Pengurus Hebitren Riau yang telah dikukuhkan dan dilantik bertekad bersama-sama seluruh Pondok Pesantren dan pihak-pihak terkait akan mengembangkan kemandirian ekonomi kepesantrenan dan kerakyatan serta jiwa santripreneur bagi santri untuk mewujudkan ketahanan pangan, pemerataan ekonomi dan keuangan syariah secara inklusif khususnya di provinsi riau”, tegas Kyai W. Zainal Abidin sebagai Ketua Umum Hebitren Korwil Riau.

 

Pengukuhan HEBITREN Riau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *